Niat Shalat Tahiyatul Masjid Lengkap Lafadz Arab, Latin dan Artinya

Tags

Pembahasan kali adalah mengenai bacaan niat shalat tahiyatul masjid lengkap dalam teks bahasa arab, latin dan artinya. Hal ini karena secara umum tata cara sholat tahiyatul masjid hampir sama dengan shalat shalat lainnya. Hanya lafadz niatnya saja yang berbeda.

niat shalat tahiyatul masjid

Shalat tahiyatul masjid adalah sholat sunnah 2 rakaat yang dikeerjakan saat kita masuk masjid. Siapapun baik pria atau wanita dan diwaktu apapun ketika memasuki masjid (termasuk saat masuk masjid ketika sholat jumat), maka sunnah baginya mengerjakan sholat 2 rakaat (tahiyatul masjid) ini. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadits sebagai berikut :

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِذَادَخَلَ اَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسَ حَتّٰى يُصَلِّى رَكْعَتَيْنَ

Artinya: Rasulullah Saw bersabda." Apabila seseorang diantara kamu masuk Masjid, janganlah langsung duduk sebelum sholat dua rakaat (sholat Tahiyatul Masjid)." (H.R Bukhari dan Muslim).

Sholat tahiyatul masjid memiliki banyak tujuan salah satunya adalah untuk memuliakan dan menghormati masjid yang merupakan rumah Allah SWT. Sedangkan manfaat dan keutamaan yang didapat jelaslah sangat besar dan yang pasti kita mendapatkan pahala dari Allah SWT karena telah menjalankan sunah Rasulullah SAW.

Dan bagaimana lafadz niatnya, simak berikut ini teks bacaan niat shalat tahiyatul masjid lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar bisa dipahami makna dan isi kandungan sebenarnya.

Niat Sholat Tahiyatul Masjid


اُصَلِّى سُنَّةً تَحِيَّةُ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan tahiyyatul masjidi rok'ataini lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat sholat tahiyyatul masjid dua rakaat karena Allah ta'ala".


Untuk tata cara shalat tahiyatul masjid sendiri secara umum hampir sama dengan shalat-shalat sunnah lainnya. Jadi ketika baru memasuki masjid, jangan langsung duduk dulu, segera ambil tempat untuk melaksanakan sholat tahiyatul masjid, kemudian berdiri tegak dan niat sholat tahiyatul masjid dengan mengangkat kedua tangan melakukan takbiratul ikhram. Selanjutnya rukuk, i'tidal, sujud dan gerakan serta bacaan seterusnya sama dengan shalat lainnya. Jadi anda tinggal menghafal bacaan niatnya saja karena selebihnya sama.

Demikianlah artikel tentang bacaan niat shalat tahiyatul masjid lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz niat diatas bermanfaat dan bisa dihafal dengan mudah. Selalu jaga sunnah sunnah Rasulullah SAWtermasuk melakukan sholat sunnah dua rakaat ketika kita memasuki masjid.