Niat Sholat Witir 1 Rakaat dan 2 Rakaat yang Benar Arab, Latin dan Artinya

Tags

Pembahasan kali ini adalah tentang bacaan niat sholat witir 1 rakaat dan niat shalat witir 2 rakaat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Disertakan lafadz niatnya ketika menjadi imam, makmum dan sendirian.

Niat Sholat Witir 1 Rakaat dan 2 Rakaat yang Benar Arab, Latin dan Artinya

Shalat witir adalah shalat yang hukumnya sunnah muakkad. Inilah yang menyebabkan sholat witir sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Shalat witir  dikerjakan malam hari sekaligus sebagai penutup ibadah ibadah pada waktu malam seperti setelah sholat tahajjud dan setelah sholat tarawih misalnya. Dikatakan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW sebagai berikut ini :

 عَنِ ابْنِ عُمَرَرَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ النَبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:اِجْعَلُوااْلوِتْرَاٰخِرَصَلاَتِكُمْ 
رواه البخارومسلم

Artinya : Dari Ibnu Umar r.a. bahwa Nabi Muhammad Saw. bersabda," jadikanlah sholat Witir sebagai penutup sholatmu di waktu malam" (H.R Bukhari dan Muslim).

Rentang waktu pengerjaan shalat witir adalah antara setelah isyak hingga sebelum subuh, jadi bisa dikerjakan diantara waktu tersebut tergantung situasi dan kondisi anda. Bisa diawal waktu ataupun di akhir waktu. Dalam dalil hadist dikatan sebagai berikut :

 قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ خَافَ اَنْ لَايَقُمَ اٰخِرَالَّيْلِ فَلْيُوْتِرْ اَوَّلَهُ وَمَنْ طَمَعَ اَنْ يُوْتِرَاٰخِرَالَّيْلِ فَاِنَّ الْصَلَاةَاٰخِرَالَّيْلِ مَشْهَوْدَةٌ وَذٰلِكَ اَفْضَلُ رواه مسلم

Artinya : Rasullullah Saw, bersabda. " Barang siapa khawatir tidak dapat bangun pada akhir malam, hendaklah sholat Witir pada awal malam. Barang siapa yang menginginkan sholat Witir pada akhir malam, sesungguhnya sholat pada akhir malam itu di saksikan (malaikat) dan itu lebih utama" (H.R Muslim).

Jumlah rakaat sholat witir adalah ganjil. Jadi bisa dikerjakan 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat dan 11 rakaat. Jumhur ulama berpendapat bahwa shalat witir dilaksanakan dengan satu kali salam tiap dua rakaat dan terakhir satu kali salam satu rakaat.

Untuk tata cara pelaksanaannya sama saja dengan shalat shalat lainnya. Hanya saja niat sholat witir jelas berbeda. Bahkan niat shalat witir satu rakaat dan niat sholat witir dua rakaat berbeda. Hal ini karena pelaksanaannya dapat di bagi-bagi, misalnya 3 rakaat dengan setiap 2 rakaat 1 kali salam dan 1 raka'at terakhir dengan 1 kali salam, maka sudah tentu lafadz niatnya berbeda beda.

Dan selengkapnya simak berikut ini tek bacaan niat sholat witir 1 rakaat sekali salam  dan niat sholat witir 2 rakaat sekali salam yang benar lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Niat Sholat Witir 1 Rakaat


اُصَلِّى سُنَّةً الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَأْمُوْمًا / اِمَامًا) ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal witri  rak'atan mustaqbilal qiblati adaan ( ma'muuman/imaaman ) lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat sholat sunah witir satu rakaat menghadap kiblat (sebagai ma'mum/imam ) karena Allah Ta'ala"

Niat Sholat Witir 2 Rakaat


اُصَلِّى سُنَّةً الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً (مَأْمُوْمًا / اِمَامًا) ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal witri rak'ataini  mustaqbilal qiblati adaan ( ma'muuman/imaaman ) lillahi ta'ala

Artinya: "Saya niat sholat sunah witir dua rakaat menghadap kiblat (sebagai ma'mum/imam ) karena Allah Ta'ala"

Catatan : Jika kita mengerjakan sholat witir sendirian dan tidak secara berjamaah, maka niat shalat witirnya adalah tanpa menggunakan lafadz "imaaman/makmuman".

Itulah teks bacaan niat sholat witir 1 rakaat dan niat sholat witir 2 rakaat yang benar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah lafadz niat diatas bermanfaat dan bisa diterapkan saat menjalankan ibadah sunnah shalat witir.