Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud yang Benar Sesuai Sunnah

Tags

Pembahasan kai ini adalah bacaan doa duduk diantara dua sujud yang benar sesuai sunnah. Meski membaca bacaan duduk diantara dua sujud ini hukumnya hanya sunnah, namun akan sangat rugi jika tidak dikerjakan. Maka dari itu haruslah kita mengahafal untuk selanjutnya kita baca ketika mengerjakan sholat.

Bacaan Doa Duduk Diantara Dua Sujud yang Benar Sesuai Sunnah

Duduk diantara dua sujud disebut juga duduk iftirasy. Yang wajib saat duduk iftirasy adalah tuma'ninah. Tuma'ninah adalah diam sejenak seukuran "subhanallah". Jadi meskipun kita tidak berdoa diantara dua sujud, maka tetap harus tuma'ninah.

Bacaan sholat duduk diatara dua sujud sama saja baik saat mengerjakan shalat wajib 5 waktu maupun sholat sunnah lainnya. Begitu juga saat bertindak sebagai imam maupun makmum, bacaannya pun tetap sama. Yang perlu diketahui adalah bacaan sholat ketika duduk diatara dua sujud ini ada beberapa macam versinya. Ini berdasarkan pada hadist hadits Rasulullah SAW. Kita bisa memakai doa yang mana saja dan dibenarkan.

Nah, di bawah ini kami sajikan bacaan sholat duduk diantara dua sujud yang shahih dan paling sering digunakan. Lafadz doanya juga pendek dan mudah dihafal. So, berikut ini teks bacaan doa duduk diantara dua sujud sesuai sunnah dalam shalat lengkap tulisan bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesianya.

 Doa Duduk Diantara Dua Sujud


 رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

ROBBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA'NII WARZUQNII WAHGDINII WA'AAFINII WA'FU 'ANNII

Artinya : Ya Allah,ampunilah dosaku,belas kasihinilah aku dan cukuplah segala kekuranganku da angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku,dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan padaku dan berilah ampunan kepadaku.

Itulah bacaan doa duduk diantara dua sujud yang benar sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah kita dimudahkan dalam menghafal dan istiqomah untuk selalu membaca doa tersebut ketika duduk diantara 2 sujud dalam shalat.

4 komentar

Bacaan ini berdasarkan hadist yg diriwayatkan siapa yah kalo boleh tau? Dan hadistnya siapa yg menshahihkannya?

Sesuai hadis hanya 7 bukan 8 (wa'fu'anni), HR Abu Dawud, At Tarmizi, Ibnu Majah, Al hakim (buku saku "meneladani wudhu' dan sholat nabi" by syeikh abdullah bin abdurrahman al jwbrin)

Klo yg 7 bacaanny kayak mana, dalil dan hadist sahihny drwayatkan siapa dan ni brp