Bacaan I'tidal Sholat yang Benar Tulisan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Tags

Topik artikel ini adalah bacaan i'tidal sholat yang benar lengkap tulisan bahasa arab, latin dan artinya. Hukum membaca doa i'tidal sendiri adalah sunnah, meski sunnah sebaiknya tetap dikerjakan agar shalat kita makin bagus dan sempurna.

Bacaan I'tidal Sholat yang Benar Tulisan Bahasa Arab, Latin dan Artinya

I'tidal adalah gerakan berdiri tegak setelah bangun dari rukuk. Saat itidal kita diwajibkan untuk tuma'ninah atau diam sejenak baru kemudian lanjut ke gerakan sujud. Saat i'tidal disunnahkan sambil mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga seperti ketika melakukan takbiratul ihromsambil sambil membaca "samiallahuliman hamidah".

Bacaan i'tidal dalam sholat wajib 5 waktu dan shalat sunnah saja saja. untuk makmum dan imam juga tidaklah berbeda. Sebenarnya ada beberapa lafadz bacaan i'tidal yang bisa digunakan dan semuanya diperbolehkan, namun yang dishare dibawah ini adalah doa i'tidal yang cukup umum dan sering digunakan.

Nah, langsung saja dibawah ini teks bacaan i'tidal sesuai sunnah yang benar lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Bacaan Doa I'tidal Dalam Sholat


Banung dari rukuk (i'tidal) sambil membaca/mengucapkan doa berikut ini :

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Samiallahuliman hamidah

Artinya : Allah mendengar orang yang memuji-Nya

Setelah mengucapkan doa diatas, langsung dilanjut dengan membaca doa i'tidal berikut ini :

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءُ السَّموَاتِ وَمِلْءُ اْلاَرْضِ وَمِلْءُمَاشِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ

Rabbanaa lakal hamdu mil'us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil 'umaasyi'ta min syai'in ba'du.

Artinya :Wahai Tuhan Kami,  Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.

Itulah bacaan i'tidal sholat yang benar lengkap tulisan bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah dengan membaca dan mengamalkan doa i'tidal diatas, shalat fardhu dan sunnah kita makin sempurna di mata Allah SWT.