Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Gugup dan Artinya

Tags

Pembahasan kali ini adalah teks bacaan doa kelancaran berbicara di depan umum agar tidak gugup lengkap arab, latin dan artinya. Jadi ketika kita berada pada saat dimana harus berbicara menyampaikan pendapat didepan orang banyak, doa agar lancar berbicara ini sangatlah bermanfaat dan patut untuk dibaca dan diamalkan.

Misalnya saat kita akan berpidato, menyampaikan presentasi, wawancara/interview dan lain sebagainya. Terkadang rasa kurang percaya diri mucul sehingga kita takut, gugup dan cemas takut kalau apa yang kita ucapkan salah. Pada saat seperti ini, jangan lupa berdoa supaya dimudahkan bicara di depan umum.

Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Gugup dan Artinya

Doa ini adalah doa nabi Musa AS yang tercantum di dalam Al-Quran tepatnya pada surat At Thaha ayat 25 hingga 28. Jadi doa ini jelaslah sangat mustajab dan afdhol karena diambil dari ayat ayat Al Quran. Doa ini bermanfaat melancarkan kita saat berbicara, meringankan lidah/lisan kita dalam bertutur kata sehingga insyaallah berkat doa ini kita diberi kemudahan saat bicara di depan banyak orang.

Lalu bagaimana lafadz doanya? Simak berikut ini teks bacaan doa kelancaran berbicara di depan umum lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesia.

Doa Agar Lancar Bicara di Depan Umum


 رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrahlii shadrii wa yassirlii amrii wahlul ‘uqdatan min lisaanii yafqahuu qaulii.

Artinya:“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”(QS Thaahaa ayat 25-28).

Demikianlah teks bacaan doa kelancaran berbicara di depan umum agar tidak gugup lengkap arab, latin beserta artinya. Semoga lafadz doa diatas bisa bermanfaat terutama untuk yang akan berbicara di hadapan banyak orang.