Doa Menghilangkan Rasa Takut, Gugup, Cemas dan Gelisah Berlebihan

Tags

Pembahasan kali ini adalah tentang bacaan doa menghilangkan rasa takut, gugup, cemas dan gelisah berlebihan lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Kita sebagai manusia tentunya pernah merasa takut akan sesuatu. Dan salah satu cara menghilangkan rasa takut yang paling dianjurkan adalah dengan membaca doa penghilang rasa takut, dimana doa tersebut dipanjatkan kepada Allah SWT agar kita selalu dalam lindungan dan pertolongannya.

Didalam Al-Quran surat Al Maidah ayat ke 44 Allah SWT berfirman "Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku". Dalam ayat tersebut jelas dikatakan bahwa kita tidak perlu takut terhadap gangguan seseorang baik manusia, jin atau setan sekalipun. Dan juga kita tidak perlu takut dan gelisah akan hal hal lain seperti datangnya musibah dan kematian.

Doa Menghilangkan Rasa Takut, Gugup, Cemas dan Gelisah Berlebihan

Hal ini karena semuanya sudah dalam pengawasan Allah SWT. Allah SWT berkuasa atas segala sesuatu di muka bumi ini. Dan selama kita selalu rutin berdoa untuk menghilangkan rasa takut yang muncul pada diri kita, maka yakinlah Allah SWT akan melindungi kita dan menghilangkan segala kecemasan dan ketakutan kita.

Dan untuk lebih jelasnya berikut ini teks bacaan doa menghilangkan rasa takut dan gelisah berlebihan dalam islam lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menghilangkan Rasa Takut Arab, Latin dan Artinya


 حسبن الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير

Hasbunallaah wa ni'malwakil ni'mal maulaa wa ni'man nashiir

Artinya : "Cukuplah Allah sebagai tempat diri bagi kami, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong bagi kami."

     يَا مَنْ يَكْفِى عَنْ كُلِّ أَحَدٍ وَلاَيَكْفِى عَنْهُ أَحَدٌ، يَا أَحَدَ مَنْ لاَ أَحَدَ لَهُ، يَا سَنَدَ مَنْ لاَ سَنَدَ لَهُ انْقَطَعَ الرَّجَاءُ إِلاَّ مِنْكَ نَجِّنِيْ مِمَّا أَنَا فِيْهِ، وَأَعِنِّيْ عَلَى مَا أَنَا عَلَيْهِ مِمَّا قَدْ نَزَلَ بِيْ بِجَاهِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَبِحَقِّ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya : Wahai Dzat yang mencukupi setiap orang, dan tidak ada seorang pun yang mencukupi kepada-Nya. Tidak ada seorang pun yang tidak memiliki Tuhan yang MahaEsa. Tidak ada sandaran bagi orang yang tidak memiliki sandaran. Tidak ada seorang pun yang pantas menjadi harapanku kecuali Engkau. Maka selamatkanlah aku dari keadaan seperti sekarang ini, dan tolonglah aku dari kesulitan yang sedang aku hadapi dengan Dzat-Mu yang Maha Pemurah. Dan dengan kedudukan tuan kami, Muhammad di sisi-Mu.

اَللّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِىنُحُورِهِمْ وَنَعُوذُبِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ

allahumma inna naj’aluka fi nuhurihim wa na’udzubika min syururihim.

Artinya : Ya Allah kami jadikan Engkau di depan mereka, dan kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka. (Abu Dawud - Annasa’i)

     أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنَ

Artinya : Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari murka Allah, adzab-Nya, kejahatan makhluk-Nya, dan dari godaan syetan-syetan yang datang. 

لاحول ولا قوة الا بالله العلي العظيم

Laa haula walaa quwwatra illa billaahil ‘aliyyil azhiim

Artinya : “Tidak ada daya upaya dan kekuatan kecualli atas pertolongan Allah Yang Maha Luhur dan Maha Agung”.

Itulah teks bacaan doa menghilangkan rasa takut, gugup, cemas dan gelisah berlebihan lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga lafadz doa ketika takut diatas bermanfaat dan insyaallah bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa takut dan gelisah.