Doa Menyembelih Hewan Qurban dan Aqiqah Sesuai Sunnah dan Artinya

Tags

Di kesempatan ini akan dibahas tentang bacaan doa menyembelih hewan qurban dan aqiqah sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Hendaknya kita selalu memperhatikan berbagai syarat, sunnah dan adab adab ketika menyembelih hewan, salah satu yang dianjurkan adalah membaca doa memotong hewan qurban dan aqiqah.

Kemudian jangan lupa untuk menyebut nama Allah SWT saat menyembelih hewan, ini adalah hal yang wajib. Sedangkan sunnah sunnah lainnya seperti membaca shalawat, menghadap kiblat hingga membaca doa juga sangat dianjurkan untuk dilakukan. Dengan begitu proses qurban dan akikah kita menjadi semakin sempurna di mata Allah SWT.

Doa Menyembelih Hewan Qurban dan Aqiqah Sesuai Sunnah dan Artinya

Berikut ini dalil hadits Rasulullah SAW dan ayat suci Al-Quran yang menjelaskannya :

ضَحَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِكَبْشَيْنِ أَمْلَحَيْنِ أَقْرَنَيْنِ ذَبَحَهُمَا بِيَدِهِ وَسَمَّى وَكَبَّرَ وَوَضَعَ رِجْلَهُ عَلَى صِفَاحِهِمَا - متفق عليه

Artinya :“Sesungguhnya Rasulullah S.A.W menyembelih dua domba putih yang bertanduk dengan tangannya sendiri, seraya mengucapkan basmalah dan bertakbir. Beliau meletakkan kakinya disamping leher domba (H.R. Bukhori-Muslim).

 فَكُلُواْ مِمَّا ذُكِرَ اسْمُ اللّهِ عَلَيْهِ إِن كُنتُمْ بِآيَاتِهِ مُؤْمِنِينَ

Artinya: Maka makanlah binatang-binatang (yang halal) yang disebut nama Allah ketika menyembelihnya, jika kamu beriman kepada ayat-ayat-Nya. (Al An'am 118).

Sedangkan kriteria dan syarat syarat hewan ternak yang akan dikurbankan juga haruslah diperhatikan dan sesuai dengan syariat islam, seperti hewan tersebut haruslah sehat dan tidak boleh sakit apalagi cacat. Untuk kambing domba meski belum mencapai umur satu tahun asalkan sudah mencapai 6 bulan atau lebih, adapun untuk kambing jawa maka disyaratkan sudah harus mencapai dua tahun paling minimal.

Sedangkan untuk kerbau / sapi maka harus mencapai umur 2 tahun dan tidak boleh mempunyai penyakit gatal-gatal, tidak boleh pincang kakinya, tidak sakit dan buta matanya, tidak gila, tidak terpotong bagian telinga dan lidahnya serta tidak tanggal seluruh giginya. Jika semua syarat sudah terpenuhi tinggal memperhatikan bagaimana tata cara penyembelihan yang benar dan sah sesuai ajaran islam.

Menyembelih hewan sendiri biasanya paling banyak dilakukan pada saat hari raya idul adha/hari raya qurban. Selain itu kita mungkin sering melihat orang memotong hewan dalam rangka aqiqah anak anak mereka. Tata cara keduanya sama saja, tinggal niatkan yang baik dan lurus, menyebut nama Allah SWT, kemudian ditambah dengan anjuran membaca doa menyembelih hewan milik sendiri atau untuk miliki orang lain.

Adapun doa memotong hewan qurban dan aqiqah sebenarnya sama saja lafadznya. Untuk memperjelasnya, langsung saja berikut ini teks bacaan doa menyembelih hewan qurban sesuai sunnah lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menyembelih Hewan Qurban


1. Membaca kalimat Basmalah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang”

2. Membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad.

Artinya:“Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.”

3. Membaca takbir tiga kali dan tahmid sekali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

4. Membaca doa yang dibaca ketika menyembelih hewan kurban

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya: “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Atau bisa dengan menggunakan doa berikut ini :

 اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّي

Dalam menyembelih kita juga harus memperhatikan adab adabnya seperti tidak menyiksa, menyakiti dan membanting hewan qurban saat proses penyembelihan, tidak mengasah pisau sehingga terlihat oleh hewan tersebut dan lain sebagainya.

Itulah teks bacaan doa menyembelih hewan qurban dan aqiqah sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah lafadz doa diatas bisa bermanfaat dan istiqomah diamalkan ketika kita akan memotong hewan kurban.