Doa Minta Hujan Deras Turun Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Tags

Pembahasan kali ini adalah tentang bacaan doa minta hujan deras turun lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Dengan berdoa memohon kepada Allah SWT, maka insyaallah akan cepat turun hujan yang lebat dan penuh keberkahan. Karena hanya Allah SWT lah yang berkuasa atas alam dunia dan seisinya termasuk hujan.

Turunnya air hujan dari langit adalah berkah dan rahmat dari Allah SWT. Banyak sekali manfaat turunnya hujan bagi makhluk hidup termasuk manusia, hewan dan tumbuhan/tanaman. Tanpa adanya hujan, maka kekeringan dan kemarau akan melanda. Daerah tersebut akan tandus dan kering karena tidak ada siraman air hujan. Kesusahan pun akan menimpa semua makhluk hidup karena kekurangan air sebagai sumber kehidupan utama.

Doa Minta Hujan Deras Turun Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Kita sebagai makhluk yang lemah tentunya tidak memiliki daya dan kuasa apa apa terhadap terjadi proses alam seperti hujan, hanya Allah SWT lah yang mampu menurunkan dan menghentikan hujan. Kita sebagai hambanya hanya bisa berusaha dengan berdoa. Salah satu caranya adalah dengan shalat istisqo, memperbanyak istighfar dan jangan lupa membaca doa agar cepat turun hujan.

Lalu bagaimana lafadz doa minta turun hujan yang mustajab? Untuk lebih jelasnya simak berikut ini kumpulan teks bacaan doa minta hujan turun yang deras dan penuh berkah lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Minta Hujan


اَللَّهُمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ، وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ، وَأَحْيِ بَلَدَكَ الْمَيِّتَ

“Allaahummas Qi 'Ibaadaka, Wabahaa Imaka, Wansyur Rahmataka, Wa ‘Ahyi Baladakal Mayyita.”

Artinya : “Ya Allah! Berilah hujan kepada hamba-hamba-Mu, hewan ternak, berilah rahmat-Mu dengan merata, dan suburkan bumi-Mu yang tandus.” (HR. Abu Daud)

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا، وَلاَ عَلَيْنَا، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالجِبَالِ وَالآجَامِ وَالظِّرَابِ وَالأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan atas kami! Ya Allah, turunkanlah hujan pada dataran tinggi, pegunungan, perbukitan, lembah-lembah dan tempat-tempat tumbuhnya tanaman.”

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ يَفْعَلُ مَا يُرِيدُ اللَّهُمَّ أَنْتَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الْغَنِيُّ وَنَحْنُ الْفُقَرَاءُ أَنْزِلْ عَلَيْنَا الْغَيْثَ وَاجْعَلْ مَا أَنْزَلْتَ لَنَا قُوَّةً وَبَلَاغًا إِلَى حِينٍ

Laa ilaaha illaaLlooh, yaf'alu maa yuriid. Alloohumma AntaLloohu laa ilaaha illaa Antal Ghiniyyu wa nahnul fuqoroo-u, anzil 'alainal ghoitsa waj'al maa anzalta lanaa quwwatan wabalaghon ilaa hiin

Artinya : Tidak ada Ilah kecuali Allah, Dia melakukan apa saja yang dikehendaki. Ya Allah, Engkau adalah Allah, tiada Ilah kecuali Engkau Yang Maha kaya sementara kami yang membutuhkan. Maka turunkanlah hujan kepada kami dan jadikanlah apa yang telah Engkau turunkan sebagai kekuatan bagi kami dan sebagai bekal di hari yang di tetapkan.

اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

“Allaahummasqinaa Ghaitsa, Mughiitsaa Marii'an Marii'an, Naafi'an Ghairo Dhoorrin, 'Aajilan Ghoira Aajilin.”

Artinya : “Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda.” (HR. Abu Daud)

اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا

“Allahumma Aghitsna, Allahumma Aghitsna, Allahumma Aghitsna.”

Artinya : “Ya Allah! Berilah kami hujan. Ya Allah, turunkan hujan pada kami. Ya Allah! Hujanilah kami.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikianlah teks bacaan doa minta hujan deras turun lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga kumpulan lafadz doa memohon hujan diatas bermanfaat dan bisa diamalkan ketika mengharap hujan dan kekeringan panjang sedang melanda.