Doa Nabi Ayub AS Memohon Kesembuhan Ketika Sakit Parah dan Artinya

Tags

Pembahasan kali ini adalah bacaan doa Nabi Ayub AS memohon kesembuhan ketika sakit parah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz doa Nabi Ayub ini sangatlah ampuh dan mustajab karena merupakan doa para Nabi dan diabadikan dalam kitab suci Al-Quran.

Nabi Ayub sendiri adalah Nabi utusan Allah SWT yang sangatlah sabar, beliau menerima semua ujian dan cobaan dari Allah SWT dengan ikhlas dan sabar. Salah satu ujian terbesarnya adalah menderta sakit keras yang parah sehingga mustahil dan sangat sulit disembuhkan. Tidak ada orang atau obat satupun yang bisa menyembuhkan penyakit Nabi Ayub AS. Salah satu yang diderita adalah penyakit kulit sehingga ia dikucilkan dan ditinggal oleh sahabat, keluarga bahkan anak dan istrinya.

Doa Nabi Ayub AS Memohon Kesembuhan Ketika Sakit Parah dan Artinya

Beliau juga kehilangan seluruh hartanya, jadi lengkaplah penderitaan dan kesusahan Nabi Ayub AS. Pada saat itulah Nabi Ayyub AS berdoa memohon kesembuhan dari segala penyakit yang dideritanya. Dzikir dan doa Nabi Ayub ketika sakit parah inilah yang kemudian diabadikan dalam Al-Quran surat Al Anbiya. Setelah berdoa Allah SWT pun menjawab doanya denga memerintahkan beliau melakukan sesuatu sebagaimana tercantum dalam firmannya berikut ini :

ارْكُضْ بِرِجْلِكَ ۖ هَٰذَا مُغْتَسَلٌ بَارِدٌ وَشَرَابٌ, وَوَهَبْنَا لَهُ أَهْلَهُ وَمِثْلَهُم مَّعَهُمْ رَحْمَةً مِّنَّا وَذِكْرَىٰ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

Artinya: (Allah berfirman), “Hantamkanlah kakimu; Inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum.” Dan Kami anugerahi dia (dengan mengumpulkan kembali) keluarganya dan (Kami tambahkan) kepada mereka sebanyak mereka pula sebagai rahmat dari Kami dan pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai pikiran.

Setelah itu,Nabi Ayub pun kembali sehat dan penyakit yang ditimpakan kepadanya seketika itu hilang. Selengkapnya simak dibawah ini teks bacaan doa Nabi Ayub Meminta kesembuhan segala penyakit lengkap tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Bacaan Doa Nabi Ayyub AS Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya


رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Rabbi anni massaniyaddurruru wa anta arhamurrahimin.

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang". (QS Al Anbiya : 83)

Kemudian setelah Nabi Ayub AS berdoa memohon dan bermunajat dengan lafadz doa diatas, ALLAH SWT pun mengabulkan permintaannya sebagaimana yang tercantum dalam kitab suci Al-Quran berikut ini :

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ فَكَشَفْنَا مَا بِهِ مِنْ ضُرٍّ ۖ وَآتَيْنَاهُ أَهْلَهُ وَمِثْلَهُمْ مَعَهُمْ رَحْمَةً مِنْ عِنْدِنَا وَذِكْرَىٰ لِلْعَابِدِينَ

Artinya :Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah.(Surat Al Anbiya ayat 84)

Demikianlah teks bacaan doa Nabi Ayub AS memohon kesembuhan ketika sakit parah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga doa diatas bermanfaat dan hendaknya dibaca ketika kita tertimpa penyakit dan musibah.