Doa Sebelum Menghadapi Ujian, Ulangan, Tes Agar Lulus dan Lancar

Tags

Edisi kali ini akan dishare bacaan doa sebelum menghadapi ujian, ulangan, tes agar lulus dan lancar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Lafadz doa ini hendaknya dibaca ketika kita sedang mengerjakan soal soal ujian baik itu ujian nasional, semester akhir, tes wawancara/interview, ulangan dan aneka macam ujian lainnya. Insyaallah kita akan lulus dan diberi kemudahan oleh Allah SWT.

Hal ini karena usaha dari diri kita sendiri tidaklah cukup, haruslah kita tambah dengan kekuatan doa. Mohonlah dengan niat yang baik kepada Allah SWT akan segala macam keinginan kita, yaitu dengan berdoa agar dapat nilai ujian bagus. Inilah kombinasi terbaik, yaitu berusaha dan berdoa.

Doa Sebelum Menghadapi Ujian, Ulangan, Tes Agar Lulus dan Lancar

Berusaha dengan belajar yang giat, kemudian berdoa dengan memperbanyak dzikir dan wirid, sholawat serta minta doa kepada kedua orang tua kita. Orang tua yang berdoa untuk anak menghadapi ujian sekolah, maka doanya akan sangat mustajab dan mudah diijabah oleh Allah SWT.

Nah, dalam berdoa selain menggunakan bahasa dan kata kata kita sendiri. Tentulah dianjurkan berdoa dengan doa yang baik dan afdhol yang bersumber dari Al-Quran dan hadits Nabi SAW. Dan untuk lebih jelasnya berikut ini teks bacaan doa sebelum menghadapi ujian sekolah, tes, ulangan, skripsi kuliah agar lulus dan lancar lengkap lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menghadapi Ujian Agar Lancar dan Mendapat Nilai Bagus


 رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي, وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي, وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي, يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Rabbisy syrahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam millisaanii, yafqahu qaulii.”

Artinya : “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.” (Doa Nabi Musa AS dalam Surat Thaahaa : 25-28)

Doa Agar Lulus Ujian dan Tes Dengan Tambahan Ilmu


رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

“Rabbi zidnii ‘ilmaa.”

 Artinya :“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS Thaahaa : 114).

Doa Sebelum Ujian Agar Diberi Kemudahan


اَللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.”

Artinya : “Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” 

Itulah teks bacaan doa sebelum menghadapi ujian nasional/sekolah, ulangan, skripsi agar lulus dan lancar lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga doa sebelum ujian diatas bermanfaat dan kita dimudahkan oleh Allah SWT dalam mengerjakan soal ujian yang sulit sekalipun.

2 komentar