Nama-Nama Surga dan Penghuninya Beserta Dalilnya dalam Al-Quran

Tags

Di artikel ini akan di share tentang nama-nama surga dan penghuninya beserta dalilnya dalam Al-Quran lengkap. Penjelasan tentang nama nama surga ini terdapat dalam kitab suci Al Quran yang mana dijelaskan mengenai keindahannya serta kriteria seperti apa yang akan menjadi calon penghuninya.

Baik surga maupun neraka adalah makhluk Allah SWT yang akan menjadi balasan kita kelak di akhirat. Bagi yang rajin beribadah, selalu berbuat baik, mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan Allah SWT, maka surga adalah balasannya. Namun sebaliknya jika membangkang terhadap perintah Allah SWT, maka nerakalah tempat kita. Naudzubilah min dzalik.

Nama-Nama Surga dan Penghuninya Beserta Dalilnya dalam Al-Quran

Mengenai surga ini telah banyak disebut dalam berbagai dalil baik hadits Nabi Muhammad SAW maupun ayat ayat Quran. Berikut ini beberapa dalil yang menjelaskan tentang sekilas gambaran surga.

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamr yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?” (Qs Muhammad: 15)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia berkata, “Allah Ta’ala berfirman: Aku sediakan bagi hamba-Ku yang shalih berbagai kenikmatan yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga dan tidak pernah terbetik dalam benak manusia. Kalau kalian mau, bacalah, ‘Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.’ (QS. As-Sajdah: 17).

Seperti yang tersebut diatas, bahwa ada beberapa nama nama surga dalam islam yang diperuntukkan bagi orang orang beriman. Yang mungkin sudah kita ketahhui dan merupakan syurga tertinggi tentu saja surga firdaus. Namun bagaimana dengan nama-nama surga yang lainnya?

Nama Nama Surga


Dan untuk selengkapnya simak berikut ini daftar nama-nama surga dan artinya beserta calon penghuninya dan penjelasan dalilnya dalam Al-Quran lengkap.

1. Surga Firdaus


"Sesungguhnya orang-orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya."(Surat Al-Mukminun: 9-11).

“sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh bagi mereka adalah ‘surga firdaus menjadi tempat tinggal”. (Surat Al Kahfi ayat 107).

2. Surga 'Adn


(Bagi mereka) surga 'Adn mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka didalamnya adalah sutera.  (Surat Fathir ayat 33)

"Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin lelaki dan perempuan (akan mendapat) surga di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan mendapat tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn." (QS. At-Taubah: 72).

" (Yaitu) surga'Adn yang pintu - pintunya terbuka bagi mereka". (Surat Shad ayat 50)

"yaitu surga 'Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati." (Surat Maryam ayat 61)

(yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;(Surat Ar Ra'd ayat 23)

3. Surga Na'im


" Maka orang - orang beriman dan mengerjakan amal shaleh ada di dalam surga yang penuh kenikmatan". (Al Hajj ayat 56)

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan” (Q.S. Luqman: 8)

4. Surga Ma'wa


"Adapun orang - orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh. maka bagi mereka mendapat surga - surga tempat kediaman, merupakan pahala pada apa yang telah mereka:kerjakan". (QS As Sajdah ayat 19).

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. Maka sesungguhnya surga tempat tinggalnya.” (Q.S. An-Nazi‘at: 40-41)

5. Surga Darussalam


“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am: 127)

"Dan allah meriyeru (manusia) ke Darussalam (yakni surga), dan memimpin orang yang dikhendaki-nya kepada jalan yang lurus". (Surat Yusuf ayat 25).

6. Surga Darul Muqamah


“Dan mereka berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu.” (Q.S. Fathir: 34-35).

7. Surga Al-Maqamul Amin


“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.” (Q.S. Ad-Dukhan: 51).

8. Surga Khuldi


“Katakanlah, Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (Q.S. Al-Furqan: 15).

Demikianlah artikel tentang daftar 8 nama-nama surga dan penghuninya beserta dalilnya dalam Al-Quran lengkap. Semoga nama nama surga dan penjelasannya diatas bisa memberikan manfaat dan tambahan ilmu bagi kita semua, serta kita dijadikan penghuni syurga oleh Allah SWT. Amiin.