Doa Menerima Zakat Fitrah / Zakat Mal Sesuai Sunnah Arab, Latin, Artinya

Tags

Pembahasan kali ini adalah teks bacaan doa menerima zakat fitrah / zakat mal sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Banyak yang mungkin belum mengerti bahwa dalam proses membayar dan menerima zakat ada doa doa yang harus dibaca. Mungkin yang diketahui bahwa saat kita mengeluarkan zakat haruslah membaca niat dan doa.

Namun kita juga hendaknya berdoa ketika menerima zakat. Untuk doanya sendiri cukup mudah dihapalkan karena tidaklah panjang dan cukup singkat. Dengan membaca dan mengamalkannya, kita berharap zakat yang diterima penuh dengan kebaikan dan keberkahan

Doa Menerima Zakat Fitrah / Zakat Mal Sesuai Sunnah Arab, Latin, Artinya

Zakat sendiri termasuk salah satu rukun islam dan hukumnya wajib bagi setiap muslim. Zakat juga terbagi dua zaitu zakat fitrah yang dikeluarkan menjelang hari raya idul fitri dan zakat maal atau zakat harta. Ketika membayar zakat fitrah maka menggunakan makanan pokok di suatu wilayah tersebut seperti beras, gandum, susu, kurma dan semacamnya.

Mereka golongan yang berhak menerima zakat ada 8 yaitu fakir (orang yang tidak memiliki harta), miskin (orang yang penghasilannya tidak mencukupi), riqab (hamba sahaya atau budak), gharim (orang yang memiliki banyak hutang), mualaf (orang yang baru masuk Islam), fisabilillah (pejuang di jalan Allah), ibnu Sabil (musyafir dan para pelajar perantauan) dan amil zakat (panitia penerima dan pengelola dana zakat).

Dan untuk yang belum mengerti bagaimana lafadz doa menerima zakat yang shahih dan sesuai sunnah Rasulullah SAW, berikut ini teks bacaan doa menerima zakat fitrah dan mall lengkap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menerima Zakat


اَجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَاجْعَلْهُ لَكَ طَهُوْرًا

AAJAROKALLAAHU FIIMAA A'THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA'ALAHU LAKA THOHUURON

Artinya : Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu.

Demikianlah artikel tentang teks bacaan doa menerima zakat fitrah /zakat mal sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga doa diatas bermanfaat dan bisa dibaca ketika kita menerima zakat.