Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Tags

Doa yang dibagi kali ini adalah bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Sebagai seorang muslim hendaknya kita selalu menuntut ilmu agama sampai akhir hayat. Hal ini dikarenakan meuntut ilmu agama hukumnya wajib bagi setiap muslim. Maka dari itu, selain kita mencari ilmu pengetahuan yang bersifat keduniaan, jangan lupakan juga untuk mencari ilmu agama islam yang akan menentukan nasib kita kelak di akhirat.

Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat Lengkap Beserta Latin dan Artinya

Dan saat menuntut ilmu, jangan hanya berusaha dengan bejalar giat dan rajin saja. Ingatlah bahwa Allah SWT yang memberikan anda ilmu. Maka dari itu berdoa ketika menuntut ilmu adalah keharusan agar ketika menuntut ilmu kita dimudahkan dalam memahamai, mencerna dan menyerap ilmu. Dan setelah berhasil maka akan menjadi ilmu yang berkah dan bermanfaat.

Bagi yang ingin membaca doa mencari ilmu, bisa dengan menggunakan bahasa serta kata kata anda sendiri dan berdoa apa saja. Namun tentunya ada lafadz doa yang lebih afdhol dan insyaallah lebih mustajab yang akan kami bagikan dibawah ini. Niatkan juga dengan niat yang baik sebelum belajar sehingga lebih mudah diserap, dipahami dan dimengerti apa yang kita pelajari.

Nah, langsung saja berikut ini bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Menuntut Ilmu


اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً وَرِزْقًا وَاسِعًا وَاِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ بَعِّدْنَا

Alloohumma innii as-aluka 'ilman naaafi'an wa 'amalam mutaqobbalaa' wa rizqona'waasi'an wa ilal khoiri qorribna'a wa 'anisy syarri ba'idnaa

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rizqi yang lapang, dan dekatkanlah aku ke perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang jelek.

Selanjutnya sebelum belajar bisa membaca doa berikut ini.

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

Yaa robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa

Artinya:Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman.

Bisa juga ditambah dengan doa menuntut ilmu dibawah ini.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya: Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.

Demikianlah teks bacaan doa menuntut ilmu yang bermanfaat lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah dengan membaca doa diatas, maka kita akan dimudahkan dalam memahami mencari ilmu oleh ALLAH SWT.