Doa Ketika Mendapat Musibah Sesuai Sunnah Arab, Latin dan Artinya

Tags

Artikel ini akan membahas kumpulan doa ketika mendapat musibah sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Musibah sendiri bisa berupa azab, ujian atau cobaan dari Allah SWT. Tergantung bagaimana kita memandangnya, untuk itu manfaatkan segala musibah dari Allah SWT sebagai media memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi.

Doa Ketika Mendapat Musibah

Dan yang paling penting lagi adalah jangan lupa untuk selalu bersabar saat ditimpa musibah dan memohon kepada Allah SWT dengan berdoa ketika ditimpa musibah. Maka saat tertimpa musibah apapun baik musibah besar maupun kecil misalnya dengan kematian orang tua, anak, atau saudaranya, atau hilang hartanya benda maka hendaknya seseorang menyadari bahwa semua ini terjadi dengan izin Allah; takdir dan kehendak-Nya. Allah SWT berfirman dalam kitab suci Al-Quran sebagai berikut :

 "Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. Al-Thaghabun: 11)

Setiap kita pasti pernah atau akan mendapatkan musibah. Karena musibah bagian dari ujian dalam kehidupan dunia. Tidak boleh tidak harus dijalani manusia. Salah satu bentuknya adalah kematian atau kehilangan harta benda. Allah SWT berfirman sebagai berikut :

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan." (QS. Al-Anbiya': 35)

Ujian berupa musibah ini diberikan kepada hamba beriman untuk kebaikan mereka. Di antaranya untuk menghapuskan dosa-dosa mereka, mengajaknya bersabar sehingga diberi pahala berlipat, dan dengan musibah tersebut seorang hamba mukmin akan semakin tunduk dan taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah Ta'ala.

Kuncinya hanya dengan bersabar dan jangan lupa membaca doa terkena musibah, selain itu jangan lupa juga untuk meminta dan memohon agar selalu dalam lindungan Allah SWT dengan berdoa terhindar dari musibah. Setelah itu sisanya tinggal sabar, pasrah dan tawakkal atas segala takdir yang merupakan ketetapan Allah SWT. Adapun doa mendapat musibah ini diambil dari hadits Rasulullah SAW berikut ini :

Dari Ummu Salamah Radhiyallahu 'Anha, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

مَا مِنْ عَبْدٍ تُصِيبُهُ مُصِيبَةٌ فَيَقُولُ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا إِلاَّ أَجَرَهُ اللَّهُ فِى مُصِيبَتِهِ وَأَخْلَفَ لَهُ خَيْرًا مِنْهَا قَالَتْ فَلَمَّا تُوُفِّىَ أَبُو سَلَمَةَ قُلْتُ كَمَا أَمَرَنِى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم فَأَخْلَفَ اللَّهُ لِى خَيْرًا مِنْهُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم

Artinya: "Tak seorang hamba (muslim) tertimpa musibah lalu ia berdoa: 'Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.' Ummu Salamah berkata: Saat Abu Salamah wafat, aku berdoa sebagaimana yang diperintahkan Rasulullah kepadaku, lalu Allah memberi ganti untukku yang lebih baik darinya, yakni Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam." (Muttafaq 'Alaih)

Hadits diatas adalah dasar bagi doa tertimpa musibah yang bisa kita baca dan amalkan saat terkena musibah baik musibah besar maupun musibah kecil contohnya saat terkena musibah bencana alam (banjir, kebakaran, gunung meletus), lalu saat mendapat musibah kemalingan atau kecelakaan, serta musibah sakit dan bahkan kematian.

Dan jika merujuk pada hadist Nabi Muhammad SAW diatas, maka berikut ini lafadz bacaan doa ketika mendapat musibah sesuai sunnah lengkap dalam tulisan arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesianya agar bisa dimengerti makna dan isi kandungan didalamnya.

Doa Ketika Tertimpa Musibah


إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma'jurnii Fii Musiibatii Waahliflii Khairan Minha

Artinya : "Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."

Beberapa ulama membaca dengan lafadz berikut :

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اَللَّهُمَّ آجِرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأخْلُفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma Aajirnii Fii Musiibatii Wahluflii Khairan Minha

Artinya : "Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."

Sebagian ulama lainnya membaca dengan lafadz berikut :

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ آجِرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

Innaa Lillaahi Wainnaa Ilaihi Raaji'uun, Allaahumma Aajirnii Fii Musiibatii Waahliflii Khairan Minha

Artinya : "Sesungguhnya kita ini milik Allah dan sungguh hanya kepada-Nya kita akan kembali. Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya."

Itulah kumpulan teks bacaan doa ketika mendapat musibah sesuai sunnah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Insyaallah dengan mengamalkan doa terkena musibah diatas, maka kita akan lebih sabar ketika mencapatkan ujian, cobaan dan musibah dari Allah SWT. Wallahu a'lam.