Doa Setelah Akad Nikah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Tags

Kali ini akan dibahas teks bacaan doa setelah akad nikah lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya. Hendaknya doa akad nikah ini dibaca dan diamalkan tepat sesudah proses ijab qobul dilakukan. Doa yang pertama yaitu doa suami untuk istrinya dan doa umum yang biasanya dibaca oleh penghulu atau ulama yang hadir di acara pernikahan tersebut.

Agama islam adalah agama yang selalu mengajarkan setiap pemeluknya agar senantiasa memohon dan berdoa kepada Allah SWT. Hal ini juga berlaku saat berlangsungnya acara pernikahan. Setelah sah sebuah pasangan menjadi suami istri, maka hendaknya doa doa dipanjatkan untuk kebaikan mempelai berdua dan agar keluarga dan rumah tangga selalu bahagia sakinah mawadah dan warohmah. Dengan membaca doa setelah akad nikah, maka insyaallah keberkahan dan rahmat Allah SWT akan turun di majelis akad nikah dan pada pasangan suami istri berdua.

Doa Setelah Akad Nikah Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Setelah proses akad nikah, Nabi Muhammad SAW mengajarkan agar para suami mendoakan istrinya yang baru dinikahi. Caranya yaitu dengan memegang ubun ubunnya, kemudian membaca "basmalah" dan selanjutnya dilanjut dengan doa suami untuk istri berikut ini. Insyaallah keberkahan akan turun menyertainya.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

ALLAHUMMA INNI AS’ALUKA MIN KHAIRIHA WA KHAIRI MA JABALTAHA ‘ALAIHI. WA A’UDZUBIKA MIN SYARRIHA WA SYARRI MA JABALTAHA ‘ALAIHI

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya”.

Selain doa suami untuk istrinya seperti diatas, hendaknya juga berdoa dalam majelis akad nikah . Doa penghulu setelah akad nikah ini juga penting agar semua proses perkawinan/pernikahan yang berjalan penuh keberkahan dan mendapat rahmat dari Allah SWT. Karena acara kebaikan apapun hendaknya diawali dan diakhiri dengan berdoa kepada Allah SWT.

Pembacaan doa setelah akad nikah boleh dibaca siapa saja selain penghulu, biasanya para ulama dan orang alim/sholeh yang membaca doa akad nikah ini. Untuk doa akad nikah sendiri banyak sekali versinya. Hal ini karena memang dibolehkan berdoa dengan doa apa saja asalkan isinya baik dan ditujukan hanya kepada Allah SWT.

Dan dari kumpulan doa yang ada, di kesempatan ini akan kami share salah satu doa setelah akad nikah dari KH Maimun Zubair yang mungkin bisa menjadi salah satu pilihan doa untuk dibaca dalam acara akad nikah/ijab qobul pernikahan.

Dan langsung saja untuk selengkapnya simak dibawah ini teks bacaan doa setelah akad nikah lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Akad Nikah


 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَمْلاَءُ خَزَائِنَ اللهِ نُوْرًا وَتَكُوْنُ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ فَرَجًا وَفَرَحًا وَسُرُوْرًا وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا . اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا العَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا عَقْدًا لَيْسَتْ عَاقِبَتُهُ فِرَاقًا وَلَا خُصُوْمًا عَقْدًا مُبَارَكًا لَهُمَا وَعَلَيْهِمَا فِى أُوْلَاهُمَا وَأُخْرَاهُمَا حَتَّى يَلْقَاكَ وَأَنْتَ رَاضٍ عَنْهُمَا يَارَبَّ العَالَمِيْنَ . اَللَّهُمَّ وَسِّعْ لَهُمَا الأَرْزَاقَ وَحَسِّنْ لَهُمَا الأَخْلاَقَ وَأَعِذْهُمَا مِنَ الشِّرْكِ وَالشَّكِّ والنِّفَاقِ وَسُوْءِ الأَخْلاَقِ . اَللَّهُمَّ اجْعَلْ بَيْنَهُمَا يَاإِلَهَنَا الوِفَاقَ مَالَانِهَايَةَ وَلَاغَايَةَ وَجَنِّبْهُمَا عَنِ التَّخَاصُمِ وَالفِرَاقِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ . اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا النِّكَاحَ أَبَدِيًّا سَرْمَدِيًّا حَتَّى يَلْقَاكَ وَأَنْتَ رَاضٍ عَنْهُمَا يَارَبَّ العَالَمِيْنَ . اَللَّهُمَّ اجْعَلْ مَعَاشَهُمَا مَعَاشًا طَيِّبًا وَحَيَاةً طَيِّبَةً رَاضِيَةً مَرْضِيَّةً وَارْزُقْ لَهُمَا ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً تَكُوْنُ مَعْقِبَةً عَاقِبَةً حَسَنَةً تَكُوْنُ سَبَبًا لِقُرَّةِ أَعْيُنِهِمَا إِنَّكَ عَلَى مَا تَشَآءُ قَدِيْرٌ وَبِالْإِجَابَةِ جَدِيْرٌ . رَبَّنَآ آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya : 

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmat-Nya dan akan menjamin tambahan nikmat-Nya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu segala bentuk pujian, sebagaimana pujian yang layak kepada Dzat-Mu Yang Maha Agung, dan kepada kerajaan-Mu yang Maha Besar.

Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw., dengan rahmat yang penuh cahaya sebagai simpanan di sisi Allah dan menjadi kemudahan, kebahagiaan dan kegembiraan bagi kami dan orang-orang mukmin dan (berikanlah rahmat-Mu) kepada keluarga dan para sahabatnya, serta selamatkanlah mereka dengan keselamatan yang sempurna.

Ya Allah, jadikanlah akad ini, akad yang penuh berkah, akad yang tidak ada setelahnya perpisahan (perceraian) maupun permusuhan, akad yang diberkahi bagi keduanya dan kepada keduanya dari awal sampai akhirnya hingga keduanya bertemu Engkau dan Engkau ridha kepada keduanya Wahai Tuhan Semesta Alam. Ya Allah, luaskanlah rezeki bagi keduanya dan baguskanlah akhlaq bagi keduanya serta lindungilah keduanya dari perbuatan syirik, ragu-ragu, nifaq dan akhlaq yang buruk.

Ya Allah, Ya Tuhan kami, jadikanlah diantara keduanya, keserasian yang tidak ada putus dan ujungnya dan jauhkanlah keduanya dari permusuhan dan perpisahan dengan rahmat-Mu, Wahai Dzat Yang Maha Penyayang orang-orang yang penyayang. Ya Allah, jadikanlah pernikahan ini, pernikahan yang abadi dan langgeng hingga bertemu Engkau dan Engkau ridha kepada keduanya, Wahai Tuhan Semesta Alam.

Ya Allah, jadikanlah mata pencaharian keduanya, mata pencaharian yang baik dan penghidupan yang baik, nikmat dan diridhai serta berikanlah rezeki bagi keduanya anak keturunan yang baik-baik dan membawa kebaikan serta menjadi penyenang hati bagi keduanya, Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu dan selalu segera dalam memenuhi permohonan.

Wahai Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari api neraka. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan dan panutan kami Nabi Muhammad saw. dan kepada keluarganya serta sahabat-sahabatnya.

Sekian mengenai teks bacaan doa setelah akad nikah lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Doa diatas adalah salah satu doa yang bisa dibaca dan semoga dengan doa tersebut maka proses aka nikah dan ijaq qabul menjadi lebih berkah dan sempurna. Wallahu a'lam.