9 Doa Untuk Suami Tercinta yang Sedang Mencari Nafkah dan Bekerja

Tags

Artikel ini akan membahas teks bacaan doa untuk suami tercinta yang sedang mencari nafkah dan bekerja keras dalam bahasa arab, latin dan artinya. Seorang istri yang baik dan shalehah tentunya selalu mendukung hal hal baik yang dilakukan oleh laki laki yang merupakan suaminya. Ia selalu merawat dan mengurus suaminya termasuk selalu berdoa untuk suami tersayangnya setiap saat.

Termasuk selalu berdoa untuk suami yang sedang bekerja jauh siang dan malam dan membanting tulang dalam mencari nafkah dan memenuhi kebutuhan keluarganya. Suami yang baik tentulah berusaha bekerja dengan berbisnis dan lain sebagainya untuk mendapatkan rejeki dan penghasilan yang cukup agar bisa menafkahi keluarga, istri dan anak anaknya. Sedangkan wanita yang baik adalah istri yang selalu mendoakan para suaminya.

9 Doa Untuk Suami Tercinta yang Sedang Mencari Nafkah dan Bekerja

Selain itu wanita yang baik dan sholehah adalah wanita yang menerima semua kehendak /takdir Allah SWT padanya tapi tetap berusaha melakukan yang terbaik termasuk dengan mendoakan suami dan anak-anaknya agar sukses dunia akhirat. Wanita ini tidak pernah putus doa, tapi menjadikannya sebagai rutinitas harian, penghias bibir setelah shalat.

Wanita ini tahu bahwa rezeki suaminya akan ditambah kelancarannya dan diberkahi jika dirinya senantiasa berdoa untuk suami dan anaknya dan melibatkan Allah SWT pada langkah suaminya melalui doa-doa yang dipanjatkannya setiap hari. Ia yakin bahwa Allah SWT maha pengabul doa dan keinginan hamba hambanya. Dalam beberapa dalil baik ayat suci Al-Quran dan hadits Nbai Muhammad SAW dijelaskan sebagai berikut ini :

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. Al-Baqarah : 186).

Rasulullah juga bersabda, “Sesunggguhnya Tuhan kalian Dzat yang pemalu serta mulia. Dia malu pada seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya lalu mengembalikannya begitu saja (atau, mengembalikan kedua tangannya dengan kecewa).” (HR. Ibnu Majah)

“Sesungguhnya, Doa yang segera dikabulkan oleh Allah adalah Doa seorang (istri) kepada orang lain (suami) yang tidak berada di tempat yang sama (berjauhan).” (HR.Tirmidzi)

Melihat dalil diatas, maka jelaslah bahwa kekuatan doa ini begitu hebatnya. Sehingga yakinlah bahwa doa istri untuk suami yang sedang mencari nafkah insyaallah sangat ampuh dan mustajab. Dengan memohon secara tulus dan ikhlas kepada Allah SWT, maka suami yang bekerja akan lancar, sukses, maju dan berkah usaha dan penghasilannya. Sehingga harta dan kekayaan yang barokah pun didapatkan.

Dan para istri juga jangan lupa mengingatkan dan mewasiatkan pada suaminya untuk memasang niat yang baik sebelum berangkat bekerja mencari nafkah, jika niatnya baik, maka bekerja adalah ibadah sebagaimana penjelasan hadist berikut ini :

Rasulullah bersabda,“Sesungguhnya, Allah mencintai orang yang bekerja.” (HR. al-Baihaqi). Dalam potongan Hadis lain Rasulullah juga bersabda, “Ingatlah, jika anak muda itu bekerja untuk kedua orang tuanya, atau salah satunya, maka dia ada di jalan Allah. Jika dia bekerja untuk keluarganya, dia ada di jalan Allah. Jika dia bekerja untuk dirinya, dia juga ada di jalan Allah.” (HR. al-Baihaqi).

Anda para istri bisa berdoa untuk suami tercinta dengan doa apa saja menggunakan kata kata dan bahasa anda sendiri. Meskipun begitu tentulah ada lafadz doa untuk suami yang lebih manjur dan mujarab misalnya doa yang diambil dari Al Quran dan hadits Nabi Muhammad SAW. Dan dikesempatan ini akan kami share beberapa doa istri untuk suami yang sedang bekerja yang diambil dari hadist hadits Rasulullah SAW.

Yakinlah dengan berdoa dan mengamalkannya, maka Allah SWT akan mempermudah dan membimbing langkah kaki suami kita dalam mencari nafkah bagi istri dan anak anaknya. Dan untuk lebih jelasnya, simak dibawah ini  9 kumpulan doa untuk suami yang sedang bekerja mencari nafkah lengkap dalam lafadz arab, tulisan latin dan terjemahan bahasa Indonesianya.

Doa Untuk Suami yang Sedang Bekerja Mencari Nafkah


" Wa yassaro lakal khoiro haitsumma kunta".

Artinya : Semoga Allah memberikan kebaikan untukmu, di mana pun kamu berada.

Doa istri untuk suami selanjutnya adalah ditujukan dengan maksud agar harta dan kekayaan serta rejeki yang didapat suaminya tetap di jalur yang halal dan diberkahi oleh ALLAH SWT. Bukan harta yang haram dan membawa petaka dunia hingga akhirat kelak.

 اَللَّهُمَّ ياَ غَنِىُّ  ياَحَمِيْدُ  يَامُبْدِئُ  يَامُعِيْدُ  يَارَحِيْمُ  يَاوَدُوْدُ يَافَعَّالُ لِمَا يُرِ يْدُ اَغْنِنِىْ بِحَلاَ لِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

“Allahumma Yaa Ghoniyyu Yaa hamiid Yaa Mubdi’u Yaa Mu’iid Yaa Rohimu Yaa Waduud Yaa Fa’alu lima yuriid agnini bihalaalika, anharoomika wa bifadlika’amman siwaak.”

Artinya: “Ya Allah Tuhanku yang maha Kaya dan maha Terpuji, Tuhan yang menakdirkan dan yang mengembalikan, yang maha Kasih dan maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMU.” 

Doa untuk suami tercinta selanjutnya yaitu doa yang multifungsi dan bisa ditujukan bagi istri untuk suaminya. Dengan maksud dan tujuan supaya diberi pengampunan dosa, keselamatan serta petunjuk dan rezeki melimpah yang halal tentunya.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي

“Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.”

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.  (HR Muslim)

Membaca doa atau permohonan di atas merupakan salah satu hal yang mencakup kebaikan di dunia dan akhirat sebagaimana dalil hadits dibawah ini :

“Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu. (HR. Muslim no. 36 dan 2697)

Kemudian sang istri juga hendaknya berdoa dengan doa agar suaminya mendapatkan bekal ilmu tambahan agar lebih mudah dalam berusaha dan berbisnis mencari rejeki. Seta tentunya tetap mendapatkan rizki yang halal dan sesuai sturan islam. Berikut doa yang bisa dibaca :

للَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya:“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Bacaan doa ini bisa juga sebagai tambahan untuk dibaca para istri supaya suami tersayangnya mendapatkan banyak harta dan keberkahan. Serta dalam rumah tangganya dikaruniahi anak anak sholeh dan sholehah dan dipanjankan umurnya dalam keberkahan dan ketaatan.

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.”

Artinya:“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

Doa untuk suami tersayang yang paling penting selanjutnya adalah mendoakan suami selalu dalam ketakwaan dan selalu dalam keimanan kepada Allah SWT. Inilah yang paling penting, jika iman dan takwa ada di hati, maka kita akan terhindar dari rezeki dan penghasilan yang haram.

 زادك أن تتقي محارمه وتجتنب معاصيه

Artinya : “Semoga Allah membekalimu dengan ketakwaan yang akan membuatmu menjaga diri dari perkara-perkara yang diharamkan-Nya dan menjauhi perbuatan maksiat kepada-Nya.”

Hendaknya sebagai istri juga mendoakan agar langkah kaki dan perjalanan suami dalam bekerja selalu dalam kemudahan dan dimudahkan oleh Allah SWT. Adapun doa yang bisa dibaca agar suami lancar dalam mencari rezeki salah satunya doa dibawah ini.

زَوَّدَكَ اللَّهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ  وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ

“Zawwadakallahut taqwa wa ghofaro dzanbaka wa yassaro lakal khoiro haytsuma kunta

Artinya : Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkanmu di mana saja engkau berada.”

Doa Istri Untuk Suami yang Akan Berangkat Bekerja


Selain itu, hendaknya para istri juga berdoa untuk suami berangkat kerja meninggalkan rumah untuk mencari nafkah. Sang istri berdoa dengan doa yang baik dengan maksud mengingatkan dan mewanti wanti agar sang suami tetap berpegang pada aturan syariat agama islam. Berikut ini doa yang bisa dibaca :

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

“Astawdi’ullaha diinaka, wa  amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik

Artinya : Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah”.

Doa diatas disebut dalam hadits Rasulullah SAW, berikut dalilnya :

أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَقُولُ لِلرَّجُلِ إِذَا أَرَادَ سَفَرًا ادْنُ مِنِّى أُوَدِّعْكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُوَدِّعُنَا.فَيَقُولُ « أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Artinya: Sesungguhnya Ibnu ‘Umar pernah mengatakan pada seseorang yang hendak bersafar, “Mendekatlah padaku, aku akan menitipkan engkau sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menitipkan kami, lalu beliau berkata: “Astawdi’ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik (Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah)”.(HR. Tirmidzi no. 3443 dan Ahmad 2: 7).

Itulah artikel mengenai kumpulan teks bacaan doa untuk suami tercinta yang sedang mencari nafkah dan bekerja lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga dengan mengamalkan bacaan doa diatas, Allah SWT mmudahkan usaha dan pekerjaan para suami yang dengan gigih mencari nahkah halal untuk keluarga istri dan anak anaknya. Amiin.