Ucapan Doa Ketika Mendengar Orang Meninggal Dunia Sesuai Sunnah

Tags

Artikel ini akan membahas teks ucapan dan bacaan doa ketika mendengar orang meninggal dunia sesuai sunnah lengkap dalam versi lafadz arab, tulisan latin dan artinya. Ketika kita mendengar ada berita duka misalnya kematian seseorang baik itu sahabat, keluarga maupun kaum muslimin lainnya.

Maka hendaknya kita tetap tegar dan sabar serta meyakini bahwa ini adalah ketentuan Allah SWT. Kemudian hendaknya kita melakukan apa yang dianjurkan oleh syariat agama islam, yaitu mengucapkan ucapan doa seperti yang sudah diajarkan sejak kecil kepada kita.

Doanya singkatnya adalah "Innalillahiwainnailaihirajiun". Ini sudah umum dan kaum muslimin pun sudah hafal di luar kepala. Dan di kesempatan ini akan kami share ucapan doa bila mendengar kematian orang lain versi agak panjangnya.

Ucapan Doa Ketika Mendengar Orang Meninggal Dunia Sesuai Sunnah

Lalu bagaimana ucapan ketika ada mendengar orang lain meninggal dunia yang benar dan sesuai sunnah Rasulullah SAW? Simak berikut ini teks bacaan doa saat mendengar seseorang meninggal lengkap bahasa arab, latin dan terjemahan Indonesianya supaya mudah bagi kita memahami arti dan isi kandungan didalam doanya.

Bacaan Doa Ketika Mendengar Kematian Seseorang


إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُون
الَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين
وَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرين
وَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ 

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un wa inna ila rabbina lamunqalibun
Allahumma uktubhu 'indaka fil muhsinin waj'al kitabahu fi 'illiyyin
wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin
wala tahrimna ajrahu wala taftinna ba'dahu

Artinya : Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami kembali dan kepada Tuhan kami semua akan kembali. Ya Allah! Tulislah dia (yang meninggal dunia) termasuk golongan orang-orang yang berbuat kebaikan di sisi Engkau dan jadikanlah tulisannya itu dalam tungkatan yang tinggi serta gantilah ahlinya dengan golongan orang-orang yang pergi dengan ketaatan PadaMu

Catatan: Doa di atas untuk mayit laki-laki. Untuk jenazah perempuan ganti kata "hu" menjadi "ha". Contoh "اكْتُبْهُ" menjadi "اكْتُبْهَا"

Doa Yang Lebih Pendek

إنا لله وإنا إليه راجعون اللهم أجرني في مصيبتي واخلف لي خيرا منها 

Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Allhumma ajirni fi musibati wakhluf li khoiron minha

Artinya: Sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNya kami kembali. Ya Allah berilah kami pahala atas musibah ini dan gantilah bagiku yang lebih baik dari musibah ini.

Demikianlah teks bacaan doa ketika mendengar orang meninggal lengkap bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa mengucapkan ucapan doa diatas ketika mendengar kabar seseorang meniggal dunia. Wallahu a'lam.